Rabu, 28 Maret 2018

jurnal zero waste

Pada hari rabu tanggal 28 maret 2018 ibrahim ke kampus UIC tempat ayahnya Ibrahim kerja. Disana ada pertemuan yang membahas mengenai ekspedisi zerowaste. Bersama teman-teman penggalang dari Klub Oase.

Ibrahim melihat kak siska nama lengkapnya siska nirmala atau bisa juga dipanggil dengan kak pita. Kak pita adalah orang yang melakukan kegiatan ekspedisi di gunung tetapi dia zerowaste atau nol sampah.

Kak siska perduli dengan gunung dan alam, karena itu tempat tinggal hewan-hewan. Masa mau hewan-hewan tinggal didekat sampah?

Di buku karya kak pita, yang berjudul "zero waste adventure" halaman pertama, disana ibrahim membaca alasan kak pita melakukan ekspedisi nol sampah tersebut. Berikut kalimatnya,

"ekpedisi ini dimulai dari sebuah kegelisahan. Permasalahan sampah yang semakin buruk, mengantarkan saya untuk melakukan pendakian tanpa menghasilkan sampah dalam rentang 3tahun,2013-2015."

Menurut ibrahim, pengalaman  kak pita yang paling menarik adalah ketika mencatat makanan yang akan dibawa untuk dimakan di gunung. Karena ibrahim ga pernah catat makanan yang ibrahim mau makan.:D

Kiat-kiat agar tidak menghasilkan sampah ketika naik gunung adalah
1.makanan yang mau dimakan harus dicatat, kalau engga, ibrahim nanti beli indomie :DD

2. Bawa minum cukup, kalau orangnya banyak, bawa banyak galon supaya ga beli-beli minuman berkemasan

Setelah mendengar cerita kak pita, ibrahim mau ikut ekspedisi nol sampah, tapi merasa belum sanggup, karena ibrahim saat ini masih menggunakan sampah sekali pakai.

Saat ekspedisi ibrahim siap ditantang dengan segala macam keadaan, tapi yang paling menantang adalah BUAT TUGAS SETELAH EKSPEDISI 😆😆😆

Tidak ada komentar:

Posting Komentar